Senin , 15 Oktober 2018
Home / Intermezo / 3 Negara Dengan Nilai Mata Uang Rendah Terhadap Dollar
nilai mata uang rendah

3 Negara Dengan Nilai Mata Uang Rendah Terhadap Dollar

3 Negara Dengan Nilai Mata Uang Rendah Terhadap Dollar

Hallo smart readers,

Uang merupakan alat tukar yang legal digunakan di setiap negara, baik negara berkembang ataupun negara maju. Disetiap negara mata uang berbeda-beda, baik itu harga mata uang, nama, hingga kuantitas. Jika di Indonesia mata uang yang berlaku atau digunakan adalah rupiah karena memiliki mata uang sendiri, begitupula di negara lain tentunya memiliki mata uang sendiri. Namun ada sebagian negara yang memang tidak memiliki mata uang sendiri contohnya Timor Leste. Oleh sebab itu mereka menggunakan mata uang Dollar sebagai alat tukar atau bertransaksi.

nilai mata uang rendah

Dollar merupakan mata uang yang digunakan dinegara Amerika serikat, Namun ada juga yang menggunakan nya di negara lain. Hingga kini Dollar merupakan mata uang yang umumnya digunakan oleh dunia internasional dalam bertransaksi. Hal ini bukan tanpa sebab karena amerika serikat merupakan negara maju dengan kekuatan ekonomi yang sangat besar. Sehingga dollar digunakan sebagai alat tukar internasional.

Hal-hal yang mempengaruhi dollar menjadi alat tukar atau mata uang dunia adalah diantara, kuatnya perdagangan ekonomi amerika serikat, amerika serikat merupakan negara dengan adidaya militer terkuat di dunia sehingga menjadi salah satu faktor politik ekonomi, stabilitas harga dollar.

Akhir-akhir ini dollar amerika begitu kuat dan signifikan peningkatannya terhadap rupiah sehingga menekan harga rupiah menyentuh kisaran Rp.14.900 . Namun dibalik itu terntyata ada negara dengan nilai mata uang yang sangat rendah dibawah rupiah indonesia, lalu negara apa sajakah itu. Berikut adalah negara dengan nilai mata uang sangat rendah terhadap dollar amerika serikat :

1. Iran

Iran merupakan negara yang terletak di timur tengah, memiliki mata uang Rial . Kenapa harga mata uang negara iran sangatlah rendah hal ini tentunya akibat beberapa faktor salah satunya Iran terkenal dengan negara yang kontra terhadap amerika. Sehingga program nuklir Iran disinyalir adalah faktor yang menyebabkan jatuhnya harga Rial. Sanksi ekonomi membuat negara iran harus menerima kenyataan pahit harga Rial yang terus menurun terhadap dollar. Harga 1 Dolar amerika serikat dibandrol hampir menyentuh 35 Ribu Rial.

2. Belarusia

Belarusia merupakan negara termiskin di eropa, negara yang terkenal dengan keindahan kota nya ini ternyata memiliki mata uang yang sangat rendah dibandingkan indonesia. Hal ini disebabkan karena tingginya volume import yang dilakukan negara belarusia. Harga 1 dollar amerika dibandrol Br 20.100 belarusia.

3. Vietnam

Vietnam merupakan negara di asia tenggara dengan nilai mata uang terendah terhadap dollar amerika serikat. Hal ini merupakan imbas dari perang vietnam beberapa dekade lalu yang membuat perekonomian vietnam hancur. Untuk satu dollar amerika serikat dibandrol dengan harga VND 22.305 dong vietnam.

Sementara Indonesia sendiri berada pada urutan kelima negara dengan nilai mata uang terendah di dunia, namun indonesia terus berupaya menekan laju peningkatan harga dollar.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

 

About Dera Anggi

Good, Clean and Fun.

Cek juga

7 alasan tidak pernah kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya Hallo smart readers, Anda tidak pernah kaya atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.