Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Intermezo / Faktor Penyebab Global Warming Dan Efek Yang Ditimbulkan
Global warming
( Limbah Industri )

Faktor Penyebab Global Warming Dan Efek Yang Ditimbulkan

Hallo smart readers,

Dunia merupakan tempat tingga bagi milyaran umat manusia hidup. Tentunya sebagai manusia kita harus bisa menjaga alam ini agar tidak mudah rusak. Agar bisa terhidar dari efek yang di timbulkan dari Global Warming. Ekosistem hewan dan tumbuhan harus selalu dijaga agar terjadi keseimbangan alam yang baik.

Alam merupakan anugerah yang diberikan tuhan untuk manusia. Dimana bisa kita manfaatkan baik untuk kebutuhan pangan dan lain sebagainya. Namun dengan kemajuan zaman eksplorasi yang berlebihan dan berkelanjutan membuat alam semakin hari semakin rusak.

Perburuan liar dan penebangan hutan membuat alam bukan menjadi tempat yang baik bagi ekosistem hewan dan tumbuhan. Dalam jangka pendek mungkin manusia tidak akan merasakan dampat dari kerusakan alam tersebut. Namun tentunya kerusakan alam sangatlah berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia dimasa yang akan datang. Berkurangnya pepohonan membuat dunia menjadi semakin panas karena efek yang ditimbulkan. Selain itu lapisan atmospher dan ozon lama-lama akan muda bocor karena keseimbangan antara pepohonan yabg ada dengan kuantitas sinar matahari tidak seimbang. Pada akhirnya bumi menjadi semakin panas.

Selain karena penebangan liar dan alih fungsi lahan tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhi bumi ini menjadi semakin panas. Dan berikut team faktaku akan memberikan ulasan apa saja faktor penyebab hingga terjadinya global warming yang menjadi perhatian dunia saat ini.

Faktor Penyebab Global Warming Dan Efek Yang Ditimbulkan

1. Polusi Kendaraan

Polusi kendaraan menjadi salah satu faktor terjadinya global warming. Gas karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor menyumbang hampir 70 persen penyebab global warming. Oleh sebab itu kini seluruh dunia tengah mencanangkan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan beralih menggunakan kendaraan umum. Hal ini juga yang tengah dilakukan pemerintah indonesia untuk menanggulangi hal tersebut. Kini pemerintah tengah membenahi fasilitas kendaraan umum agar banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

2. Rumah Kaca

Efek rumah kaca menjadi faktor kedua yang dapat menyebabkan terjadinya global warming. Pantulan sinar matahari yang terjadi pada gedung-gedung pencakar langit dan rumah-rumah kaca menyebabkan lapisan atmospher terkikis dan iklim menjadi panas.

3. Konsep Rumah Modern

Umunya konsep rumah modern yang kini tengah menjadi sorotan sangat berperan menimbulkan global warming. Rumah yang berkonsep futuristik dan megah membuat lahan yang awalnya hutan kini beralih fungsi menjadi hunian.

4. Penggundulan Hutan

Hutan menjadi paru-paru dunia dan jika keberlangsungan nya dirusak bukan tidak mungkin suatu saat manusia akan punah. Hutan menjadi penopang kebutuhan manusia dari sumber daya alam hingga bahan material yang bisa dihasilkan. Hutan hujan tropis yang ada di indonesia pun kini tengah mengalami penurunan setiap tahunnya. Hal ini tidak terlepas dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka membakar hutan dengan tujuan dialih fungsikan menjadi industru atau lahan perkebunan.

Pohon yang seharusnya bisa menyerap panas matahari kini hanya tinggal lahan yang tandus dan berdiri industri-industri yang menjadi pemasok polusi udara.

5. Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga berupa gas freon yang terdapat pada Ac atau kulkas juga salah satu faktor terjadinya global warming. Walaupun tidak menjadi faktor utama namun tentunya hal ini menjadi perhatian dunia karena efeknya yang mampu membuat dunia semakin panas. Gas freon sendiri bisa menguap dan menyebabkan kebocoran ozon pada lapisan athmosper dan sinar matahari menjadi tedak terfilter dan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

6. Limbah Industri

Global warming
( Limbah Industri )

Limbah industri merupakan salah datu faktor terjadinya pemanasan global. Bertumbuhnya perkembangan industri dan ekonomi membuat para investor berlomba-lomba mendirikan pabrik industri. Walaupun ada undang-undang yang mengatur tentang AMDAL namun tentunya hal ini tidak bisa menjadi solusi akan limbah industri yang sudah terlanjur berkembang.

7. Eksploitasi Energi Bumi

Energi bumi salah satunya adalah listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga air, batu bara, ataupun nuklir dan sebagainya. Di eksploitasi berkelanjutan dan dengan pemakaian yang sangat boros dari pengguna energi tersebut. Oleh sebab itu kini pemerintah membuat kebijakan untuk meminimalisir pemakaian energi listrik dengan mencanangkan hemat energi.

 

Lalu apa saja dampak yang ditimbulkan oleh global warming?.

Banyak sekali dampak yang bisa ditimbulkan oleh pemanasan global. Diantaranya perubahan iklim dan mencairnya kutub utara dan selatan. Yang otomatis bisa menimbulkan peningkatan ketinggian air laut sehingga terjadi pengikisan dataran pantai. Bahkan banyak ilmuan yang memprediksikan banyak pulau yang menghilang suatu saat nanti karena peningkatan ketinggian air laut.

Selain itu dampak bagi kesehatan karena sinar matahari yang sangat panas dapat membakan kulit dan membunuh ekosistem alam. Sehingga banyak tumbuhan dan hewan yang mati kemudian habislah sumber daya alam untuk manusia. Pemanasan akan menimbulkan bencana kekeringan dan susahnya untuk mendapatkan air bersih.

Oleh sebab itu mari kita jaga alam demi keberlangsungan hidup anak cucu kita nanti. Demikian yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan, dan terimakasih telah membaca.

About Dera Anggi

Good, Clean and Fun.

Cek juga

7 alasan tidak pernah kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya Hallo smart readers, Anda tidak pernah kaya atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.