Rabu , 20 Juni 2018
Home / Career / Hal-hal Yang harus Di Perhatian Saat Memulai Budidaya Ikan Mas

Hal-hal Yang harus Di Perhatian Saat Memulai Budidaya Ikan Mas

Hallo smart readers,

Ikan mas merupakan ikan olahan yang sangat digemari masyarakat indonesia. Budidaya ikan mas masih tergolong sedikit, Selain menjadi ikan konsumsi ikan mas juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha. Ikan mas sendiri memiliki lebih dari sepuluh jenis ikan mas diantaranya ikan mas kumpay, ikan mas majalaya, ikan mas koi dan sebagainya.

Ikan mas umunya dipelihara untuk dijadikan konsumsi namun selain itu sebenarnya ikan mas memiliki peluang lain yaitu sebagai ladang usaha, contoh nya adalah pemancingan ikan mas.

Di indonesia sendiri ketersediaan stok pasar akan ikan yang satu ini masih dirasa kurang. Karena permintaan yang selalu tinggi dari para konsumen baim itu restoran ataupun usaha pemancingan. Sehingga peluang dalam budidaya ikan mas sendiri masih sangat memiliki peluang sukses yang sangat terbuka.

Kebanyakan orang membudidayakan ikan mas untuk konsumsi dengan cara membangun keramba ikan di waduk-waduk seperti waduk cirata. Namun masih sedikit yang melirik budidaya ikan mas di empang padahal peluang masih terbuka lebar. Karena kebutuhan stok pasr yang masih tinggi.

Lalu bagaimana kita harus memulai budidaya ikan mas di empang?. Tentunya anda harus memiliki empang yang memiliki arus air yang baik. Karena ikan mas sangat bergantung dengan ketersediaan air yang baik.

Cara Budidaya Ikan Mas
( Budidaya Ikan Mas )

Hal-hal Yang harus Di Perhatian Saat Memulai Budidaya Ikan Mas

1. Harus mempunyai empang,

Harus mempunyai empang dengan ketersediaan air yang melimpah. Walaupun begitu sebenarnya ini masih bisa kita buat solusi lain jika keadaan air tidak banyak. Dengan cara membuat bendungan yang akan mengalirkan air ke empang yang kita sediakan.

2. Pemilihan anakan yang baik

Memilih dan memilah anakan ikan yang banyak di jual umumnya harus memiliki kualitas yang baik. Kualitas anakan yang baik akan menjadi kunci keberhasilan budidaya. Anakan ikan ikan mas yang terlihat segar serta aktif bergerak adalah hal yang harus diperhatikan.

3. Penebaran anakan ikan mas

Setelah empang tersedia dengan kuantitas air yang melimpah mulailah dengan menebar anakan kedalam kolam. Anakan yang telah dipersiapkan sebelumnya harus terlihat aktif saat ditebar kedalam kolam. Perhatikan kuantitas air agar selalu mengalir deras. Karena ikan mas sangat bergantung dengan air yang deras.

4. Pemberian pakan teratur

Lakukan pemberian pakan secara rutin sehari 2 sampai 3 kali menggunakan pelet pf1000 ketika umur ikan masih 0-3 bulan pertama. Jika ikan telah berumur lebih dari 3 bulan ganti pelet dengan ukuran yang lebih besar. Jika anda ingin meminimalisir pengeluaran pembelian pakan bisa menggunakan solusi pakan alami yang tersedia. Seperti dedaunan atau dedak, ampas tahu dan lain sebagainya.

5. Mengatur pengeluaran pembelian pakan

Dalam mengatur pengeluaran dalam pemberian pakan anda bisa membuat solusi dengan membuat pakan secara alami. Kebanyakan orang mengeluhkan akan pengeluaran yang dipakai untuk membeli pakan. Pakan yang berkualitas memang sangat diperlukan dalam budidaya namun tentunya kita juga memikirkan aspek lain yang ditimbulkan dari pengeluran yang berlebih untuk pembelian pakan.

Baca Juga 10 Daftar Usaha Ternak Dan Budidaya Peluang Sukses

6. Ikan mas siap panen

Ikan mas yang sudah berumur 5-6 bulan dengan pakan yang teratur biasanya sudah bisa dipanen dengan berat rata-rata setengah kilogram.

7. Kesulitan budidaya

Dalam budidaya ikan mas sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit akan tetapi ikan mas tergolong ikan yang sangat manja. Kolam air deras sangat diperlukan ketika budidaya ikan mas jika anda tidak memiliki keramba di waduk.

8. Pemasaran

Pemasaran ikan mas sendiri tergolong masih sangat mudah dan harga nya pun tidak terlalu mencekik. Harga ikan mas di pasar masih tergolong stabil dan bahkan sering mengalami kenaikan antara 28 ribu hingga 35 ribu rupiah perkilo.

9. Perhatikan jenis ikan

Perhatikan jenis ikan yang dibudidayakan karena ada jenis ikan mas yang memang hanya untuk menjadi hiasan seperti ikan mas kumpay dan ikan mas koi. Umunya budidaya ikan mas adalah jenis ikan mas majalaya,ikan mas lokal, dan ikan mas sinyonya.

Demikiam hal-hal yang harus diperhatikan saat memulai budidaya ikan mas. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

About Dera Anggi

Good, Clean and Fun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.