Rabu , 21 November 2018
Home / Inspiration / Kisah Bob Sadino Si Pengusaha Sukses Penjual Telur
biografi bob sadino

Kisah Bob Sadino Si Pengusaha Sukses Penjual Telur

Kisah Bob Sadino Si Pengusaha Sukses Penjual Telur

biografi bob sadino

Hallo smart readers,

Siapa yang tak kenal Bob Sadino, pria sederhana kelahiran Lampung 9 maret 1939. Dengan segudang pengalaman bisnis dan kisah inspiratif penuh perjuangan dari awal memulai sebagai penjual telur keliling. Bob merupakan seorang pengusaha sukses dibidang peternakan dan pangan.

Dia merupakan pengusaha yang memiliki semangat tinggi, pantang menyerah, dan gigih dalam menjalankan usahanya hingga kesuksesan itu datang. Dan menjadi pemilik dari kemfood dan kemchick.

Berawal ketika Bob Sadino berusia 19 tahun ia mewarisi harta kekayaan keluarganya. Jiwa perualang Bob kala itu masih menggebu-gebu hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke belanda. Namun kala itu bukan hanya sekedar untuk jalan-jalan menghabiskan hartanya, disana ia juga belajar cara berbisnis dan menjadi pengusaha bahkan bekerja di Djakarta Llyod amsterdam, Belanda. Dan menetap disana kurang lebih 9 tahun.

Sepulangnya dari Belanda pada tahun 1967/1968 Bob membeli sebidang tanah di Kemang Jakarta Selatan dari hasil penjualan mobil mercedes yang ia koleksi. Setelah menetap di jakarta Bob memutuskan untuk bekerja namun kala itu pekerjaannya tidak memberi kesempatan untuk menuangkan ide usahanya. Hingga akhirnya Bob memutuskan untuk keluar dan memulai untuk menjadi pengusaha.

Awal perjalanan Bob Sadino menjadi pengusaha.

Perjalanan awal Bob memulai usaha tidak semulus karirnya sekarang. Dulu ia harus bersusah payah dan mengalami berbagai kegagalan. Bahkan ia pernah menjadi tukang batu dan hanya dibayar sangat rendah. Namun itu semua tentunya tidak pernah mematahkan semangat Bob untuk menjadi pengusaha sukses. Walaupun ia sempat mengalami depresi karena tekanan hidup setelah keluar dari pekerjaan.

Ketika ia mengalami depresi salah satu teman Bob datang dan memberikan ide untuk memelihara ayam sebagai hiburan ketika ia depresi. Dari kejadian itu Bob mulai berfikir keras agar bisa keluar dari tekanan depresi dengan memperhatikan ayam-ayam yang ia pelihara. Dan akhirnya ide itu muncul, Bob kemudian memiliki ide untuk berternak ayam dan menjual telur. Tidak berselang lama setiap hari ia mampu menjual telur dari usaha nya tersebut.

Pelanggannya kala itu banyak dari kalangan elit dan orang asing. Fasih dalam berbahasa asing menjadi modal Bob kala itu untuk mengetuk pintu rumah para kaum elit dan orang asing yang tinggal di Indonesia. Seiring berjalannya waktu usaha yang ia jalani ternyata mengalami perkembangan. Dari yang awalnya menjual telur door to door ke setiap rumah sampai akhirnya memiliki swalayan yang ia namai kemchicks.

Setelah ia mendirikan kemchicks yang terus berkembang pesat Bob tidak langsung merasa puas kemudian ia memutar otak untuk lebih mengembangkan usahanya. Bob mulai merambah usaha agribisnis dan mulai mengelola kebun kebun sayur dan sayuran organik dan sayuran hidroponik.

Kala itu ia mampu merangkul banyak petani dan pengepul sayuran untuk menjadi patner bisnisnya. Kemudian ia juga memiliki Kemfood pabrik pengolahan daging yang setiap bulannya dapat menghasilkan 40-50 ton daging untuk dipasarkan.

Walaupun Bob mampu meraih kesuksesannya namun ia tidak pernah merasa sombong. Terlihat dari penampilan dan kesederhanaan yang ia perlihatkan. Bob menjadi pengusaha yang memiliki ciri khas dimana konsumen merupakan raja. Sekalipun ia pemilik perusahaan namun sebagai seorang penjual ia selalu memposisikan dirinya sebagai pelayan bagi konsumen dan pelanggannya.

Hal yang bisa diambil dari kisah Bob Sadino.

Dari kisah Bob sendiri kita bisa melihat dan mengambil ilmu bahwa kesuksesan bukan lah hal yang tidak mungkin. Selama kita mampu untuk terus berusaha dan yakin akan kesuksesan tersebut.

Bob memulai usaha dengan cara yang sangat berbeda dari orang lain. Ketika orang lain memulai usaha berawal dari mencari ilmu, berfikir kemudian bertindak secara arogan tanpa memikirkan tindak tanduk kedepannya. Sementara Bob sendiri memulai usaha dengan tindakan terlebih dahulu, kemudian berfikir untuk mengembangkan usahanya dengan mencari ilmu dari kolega dan patner bisnisnya.

Dari kisah usahanya tersebut kemudian banyak wejangan yang ia berikan contohnya seperti ” jadilah orang bodoh yang tidak pernah berfikir untuk memulai usaha dan tidak pernah takut seberapa besar dan tinggi tembok yang akan kau hadapi”. Maksud dari wejangan tersebut bukan berarti harus menjadi orang bodoh. Melainkan dengan memulai usaha tanpa banyak berfikir, ketika banyak berfikir maka akan timbul banyak ketakutan akan kegagalan dan akhirnya tidak pernah memulai usaha.

Banyak sekali hal yang dapat kita ambil dari kisah hidup Bob Sadino Si Pengusaha Sukses Penjual Telur.

Demikian semoga bermanfaat dan anda termotivasi untuk memulai usaha, terimakasih telah membaca.

About Dera Anggi

Good, Clean and Fun.

Cek juga

7 alasan tidak pernah kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya Hallo smart readers, Anda tidak pernah kaya atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.