Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Intermezo / Hati-Hati Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan yang harus kamu ketahui
Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan
( Bahaya Tidur Setelah Makan )

Hati-Hati Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan yang harus kamu ketahui

Hallo smart readers,

Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang, dengan tidur yang berkualitas akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun jika berlebihan tidur juga tidak baik bagi tubuh, apalagi tidur yang dilakukan setelah makan. Kali ini team Faktaku akan membahas Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan yang harus kamu ketahui.

Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan

Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan
( Bahaya Tidur Setelah Makan )

Tidur yang dilakukan Setelah Makan cenderung memiliki efek yang tidak baik untuk tubuh. Menurut penelitian jika kita tidur setelah makan bisa menyebabkan asam lambung naik.

Pengaruh Gravitasi

Hal ini disebabkan karena pengaruh gravitasi yaitu perubahan posisi. Posisi terlentang menyebabkan makanan yang belum sempurna dicerna dengan tidak sempurna. Dan dapat berbalik dari lambung ke kerongkongan, sehingga ketika makanan yang naik ke kerongkongan membawa serta asam lambung dan menyebabkan iritasi bahkan luka pada kerongkongan.

Ketika hal ini terjadi akibatnya adalah dada dan tenggorokan akan merasa panas serta mual kemudian dapat menyebabkan adanya refluks asam.

Refluks asam terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup secara sempurna. Hal ini dapat dicegah dengan menunggu makanan dicerna secara sempurna sebelum tidur. Jadi alangkah baiknya jika anda akan tidur sebaiknya menunggu makanan dicerna secara sempurna. Lalu berapa lama makanan dicerna oleh tubuh?

Waktu Pencernaan Bereaksi

Tidur setelah makan berbahaya bagi kesehatan sebabain karena makanan dicerna oleh tubuh memerlukan waktu paling sedikit adalah dua jam. Setelah dua jam makanan akan dicerna sempurna oleh tubuh sehingga ketika akan tidur dan merubah posisi berbaring asam lambung tidak akan naik karena makanan sudah dicerna secara sempurna.

Namun selain tidur setelah makan ada pula tidur yang tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan karena efeknya yang berbahaya. Lalu tidur seperti apa yang tidak dianjurkan itu?

Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan
( Waktu yang tidak baik untuk tidur)

Yaitu tidur pagi hari yang berkepanjangan, contohnya tidur yang dilakukan dari jam 6 pagi hingga menjelang siang. Kenapa ? Karena umumnya tidur yang baik dan berkualitas adalah yang dilakukan pada pukul 8 malam hingga pukul 5 subuh. Tidur yang dilakukan pagi hari akan membuat badan terasa lemas ketika bangun, ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh dan kesehatan. Jika seharusnya pagi hari digunakan untuk ber olahraga dan ber aktifitas lalu anda menggantinya dengan tidur maka tubuh akan merasa lemas. Efek inilah yang sangat berbahaya bagi tubuh anda.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika pagi hari jangan tidur sekalipun anda merasa ngantuk. Rata-rata penyebab orang tertidur dipagi hari karena mereka begadang pada malam hari. Hal ini lah yang dapat menyebabkan detak jantung yang tidak sehat sehingga mudah terserang penyakit jantung. Apalagi jika anda adalah penggemar kopi yang dasarnya memiliki kandungan kafein dan zat yang berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Maka ketika anda berfikir tidur dipagi hari sangat enak sebaiknya berfikir lagi efek yang didapatkan dimasa mendatang. Karena kesehatan jauh lebih penting dari apapun.

Demikian Tidur Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

About Dera Anggi

Good, Clean and Fun.

Cek juga

7 alasan tidak pernah kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya

7 Alasan Kenapa Anda Tidak Pernah Kaya Hallo smart readers, Anda tidak pernah kaya atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.